D.I.Y CASH ENVELOPE SYSTEM (PART 1)

Hello there.. Hihi.. Ketemu lagi ya.. Hmm.. Sebelum saya posting panjang lebar, saya mau curhat sedikit, kenapa postingan ini ada beberapa bagian.
Setelah mencoba beberapa kali untuk dijadikan dalam 1 postingan, ternyata aplikasi tercinta saya ini force close terus. Hik..hik..
Jadi, ya udah diakalin aja, semoga dengan saya pisah beberapa bagian, aplikasinya lancar jaya ya.. Hoho..

Setelah kemarin saya posting tentang cara menggunakan envelope system , kali ini saya mau posting tentang tutorial membuat cash envelope systemnya.

Apa saja bahan-bahan yang kita butuhkan untuk project ini ? .
Berikut perinciannya :

1. Cardstock atau kertas minimal tebal kertas 120 gsm (saya memakai merk concorde dengan warna hitam dan coklat) ukuran A4 @ 6 lembar / lebih tergantung banyaknya kategori yang kita buat.

2. Cardstock ukuran A4 minimal tebal 200 gsm digunakan sebagai sampul depan. (saya menggunakan kertas daur ulang).

3. Double tape

4. Gunting, penggaris, pensil, penghapus.

5. Tali elastis dan charm (optional).

Dan.. mari kita membuatnya..

STEP 1 Membuat Amplop.

Sebenernya step ini bisa diskip, terutama buat yang pingin pake amplop yang sudah ada atau sudah siap pakai, tapi jika ingin buat amplop sesuai keinginan (warna dan patternnya), step ini justru yang paling penting. Hehehe..

By the way, banyak sebenarnya tutorial membuat amplop yang bertebaran di youtube dan pinterest. Tapi buat yang males bolak-balik nyari tutorialnya, saya akan buat juga disini. Menurutku ini cara paling gampang membuat amplop sendiri. Hihi..
1. Bagi kertas cardstock ukuran A4 (120 gsm) menjadi 3 bagian. Bisa sama lebar (ketiga-tiganya) atau dengan cara diukur (saya menggunakan lebar 9 cm). Seperti contoh gambar dibawah ini.






2. Lipat kertas menjadi tiga bagian, dan ukur bagian bawah dan atas kerta kurang lebih 1,5 cm, lalu potong bagian ujung-ujungnya dengan posisi potongan menyerong.



3. Buka lipatan kertas (kayak bikin origami ya..? Hihi.. ), lalu tekuk ke dalam sisi (1.5 cm) , menyerupai gambar di bawah ini.


4. Pada salah satu sisi terluar kertas, lipat kertas menjadi 2 bagian, lalu potong. Eitss.. Tapi jangan dibuang ya, karena nanti sisa kertas, kita bisa pake buat bindingnya. Untuk sisa kertas yang masih menempel adalah tutup amplopnya.






5. Dengan bantuan double tape, kita rekatkan badan amplop satu sama lain. Lalu lipat tutup amplop ke arah luar (posisi justru tidak menutup amplop), lalu kita potong bagian 1,5 cm pada tutup amplop dengan cara menyerong, seperti step sebelumnya tadi. then.. Kita bisa rehat sejenak, karena selamat.. Kamu sudah bisa bikin amplop.





Eitss.. Tapi jangan senang dulu, hihi.. Karena masih ada kertas-kertas yang lain yang harus diselesaikan kan ya..? Hahaha.. Baiklah.. Sambil menunggu kertas-kertas lain selesai, saya istirahat dulu ya. Nanti kita sambung di part 2 (supaya aplikasinya gak ngambek) , dan semoga bisa update secepatnya.





Selamat berjuang..

to be continued.

Post a Comment

0 Comments